Selasa, 15 Desember 2015

Resume Materi Karya Tulis Ilmiah

Nama              : MUHAMMAD HASAN MUZAKI
NIM                 : 15081194043
Kelas               : EKONOMI ISLAM 2015A
Tugas              : Resume materi Bab V KARYA TULIS ILMIAH
Sumber           : Buku Pegangan “Menulis Ilmiah:Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia”
                          Kamus Besar Bahasa Indonesia
Resume           :
KARYA TULIS ILMIAH
Berdasarkan Brotowijoyo (1985:8 – 9), Karya ilmiah adalah sebuah karya berdasarkan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Sehingga kita mampu menyimpulkan bahwa suatu karya dapat dikatakan ilmiah jika karya tersebut memenuhi syarat /hukum suatu ilmu pengetahuan
Berdasarkan model penulisannya, karya ilmiah dibedakan menjadi 2 macam, yaitu karya ilmiah resmi dan karya ilmiah sub resmi.adapun pengertiannya adalah sebagai berikut
1.      Karya Ilmiah Resmi
Karya ilmiah resmi merupakan karya ilmiah yang model penulisannya dan urutan penulisannya ditentukan secara lengan dan terperinci, terdapat bagian- bagian yang wajib ada dalam karya ilmiah tersebut, seperti Judul,Kata Pengantar, Daftar Isi,Pendahuluan yang berisi latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian serta manfaat penelitian, Landasan teori, metode penelitian, pembahasan, simpulan, daftar pustaka dan lampiran, contoh dari karya tulis resmi ini adalah skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan lain-lain.
Laporan penelitian merupakan karya ilmiah yang berisi penjelasan tentang proses dan hasil-hasil yang diperoleh dari suatu penelitian, baik berupa penelitian lapangan(ragam penelitian yang berorientasi pada pengumpulan data empiris di lapangan) ataupun kajian pustaka (ragam penelitian yang berorientasi pada telaah kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan dalam pemecahan suatu masalah) atau kerja pengembangan (ragam penelitian yang berorientasi pada kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah aktual).
2.      Karya Tulis Subresmi
Karya Tulis Subresmiadalah karya ilmiah yang model penulisannya tidak ditentukan secara lengkap. Misalnya hanya cukup mencantumkan pendahulan, isi dan penutup. Contoh karya ilmiah ini adalah makalah, artikel, dan lain sebagainya.




Langkah- Langkah  dalam penulisan Karya Ilmiah :
a.      Menentukan Topik (Pokok pembicaraan yang akan dibahas), Judul (nama yang dipakai dalam karya ilmiah yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud karya ilmiah), dan Identifikasi Rumusan Masalah (masalah yang dikaji dalam karya ilmiah)
b.      Penulisan Kajian Pustaka
c.       Penulisan Metodelogi Penelitian (uraian tentang metode peenelitian dalam karya ilmiah)
d.      Penulisan Hasil Penelitian
e.      Penggunaan Bahasa dalam Penulisan Karya Ilmiah (Jelas, Lugas, Komunikatif)

f.        Kode  Etik dalam Penulisan Karya Ilmiah (seperangkat norma yang harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar